Interprestasi dan Manfaat Test IQ pada Siswa

Posted by Lowongan Kerja Cpns Terbaru Wednesday, August 10, 2011 0 comments
Interprestasi Tes I.Q.

    Telah disinggung reliabilitas dan validitas tes IQ. adalah sangat tinggi, penelitian yang dilaporkan pada usia 18 tahun ke bawah memberikan laporan mencapai 80% dan 90% secara berturutan, dapat diartikan bahwa tes ini mampu dilakukan oleh kelompok umur tertentu dan dalam segala perbedaan yang ada, karena tetap saja terpengaruh oleh beberapa faktor seperti penyakit, genetik, kecacatan fisik tertentu (faktor Biologik), gangguan-gangguan psikis yang menyertai saat tes, ketegangan mental yang dibawa sebelum tes, dan lain-lain faktor psikologis yang ada pada klien, dan juga faktor sosial seperti lingkungan tes, situasi, kodisi dan lain-lain faktor sosial yang menyertai klien/siswa dapat mempengaruhi hasil tes.

    Rentang I.Q rata-rata pada umumnya 90 – 109, skor di atas 120 dianggap sebagai superior, lebih jelasnya tampak dalam tabel berikut :

GRAFIK 1 : TINGKATAN RENTANG I.Q. 

No
Klaisifikasi
Rentang I.Q
1
2
3
4
5
6
7
Genius
Sangat Cerdas
Cerdas
Di atas Rata-rata
Rata-rata
Di Bawah Rata-rata
Borderline
>= 160
140 - 159
120 - 139
110 - 119
90 - 109
80 - 89
70 - 79

Secara ringkas dapat kami jelaskan di sini, jika kita mendapatkan siswa dengan I.Q. 110, maka siswa tersebut masuk klasifikasi I.Q. Normal atau rata-rata yang mempunyai kemampuan dalam hal-hal di atas dalam taraf cukup atau rata-rata dan biasanya mampu mencapai tingkatan pendidikan sejajar strata 1,

demikian juga bagi siswa yang mempunyai klasifikasi I.Q. di atas rata-rata maka mempunyai kemampuan yang lebih baik hal-hal di atas, dan biasanya mempu mencapai tingkatan pendidikan strata 2 atau lebih.

Manfaat Mengetahui I.Q. Siswa

    Dengan mengatahui I.Q siswa, sekolah akan mampu melakukan perencanaan maupun hal-hal lain yang dilakukan guna menunjang pembelajaran. Secara garis besarnya dapatlah kami rangkum dalam beberapamanfaat di bawah ini:

•    Bagi sekolah
  •     Sekolah mampu menentukan batasan I.Q. calon siswanya, sehingga mampu membuat perencanaan pembelajaran yang telah digariskan.
  •     Sekolah mampu mengelompokkan siswa dalam batasan rentang I.Q. yang dimiliki siswa, sehingga sekolah akan lebih mudah melakukan perencanaan pembelajaran.
  •     Sekolah yang mempunyai siswa dengan I.Q. yang di atas rata-rata, berpotensi memiliki siswa yang berprestasi dalam segala hal, sehingga mampu meningkatkan citra bagi sekolah.
  •     Efisiensi serta efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan, dll.


    Bagi siswa
  1.     Dengan mengetahui I.Q. siswa dapat memaksimalkan dan meningkatkan kemampuannya dengan bimbingan sistem pembelajaran di sekolah, di samping dapat meningkatkannya di luar sekolah.
  2.     Siswa dapat berkompetisi dalam kelompak yang sepadan sehingga mempunyai perasaan yang nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran, dll.

    Bagi orang tua
  •     Berperan aktif di luar lingkungan sekolah dengan memberikan dorongan, motifasi, fasilitasi, dan lain-lain yang dibutuhkan anak dalam membantu pengembangan kemampuan kecerdasannya.
  •     Mensikapi dengan penuh perhatian berdasarkan kemampuan yang dimilikinya, sehingga sinergis antara kebutuhan anak, sekolah dan peranan orang tua.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Interprestasi dan Manfaat Test IQ pada Siswa
Ditulis oleh Lowongan Kerja Cpns Terbaru
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://soaltesiq.blogspot.com/2011/08/interprestasi-dan-manfaat-test-iq-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment